Halaman

Senin, 21 November 2011

tentang kebudayaan indonesia (kesenian wayang )

wayang 

Dalam film ini menceritakan tentang kesenian khas jawa barat yaitu wayang golek , wayang golek adalah suatu seni pertunjungan wayang yang terbuat dari boneka kayu , yang sangat populer diwilayah tanah pasundan . Berkenaan dengan wayang golek, ada dua macam diantaranya wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa yang ada di daerah Sunda. Kecuali wayang wong, dari semua wayang itu dimainkan oleh seorang dalang sebagai pemimpin pertunjukan yang sekaligus menyanyikan suluk, menyuarakan antawacana, mengatur gamelan mengatur lagu dan lain-lain. Dalam pertunjukan wayang golek, lakon yang biasa dipertunjukan adalah lakon carangan. Hanya kadang-kadang saja dipertunjukan lakon galur. Hal ini seakan menjadi ukuran kepandaian para dalang menciptakan lakon carangan yang bagus dan menarik.
                Didalam film ini menceritakan tentang bangsa indonesia saat ini , salah satu wayang golek menanyakan kepada wayang golek yang lain tentang bangsa ini ini  seperti ibu kota , undang – undang dasar  , dan banyak yang lain , disela sela percakapan dalang memainkan percakapan yang khas disisipkan pula lelucon yang membuat kita terbahak bahak . kemudian dan diiringi lagu lagu nyanyian berupa alunan alat musik khas sunda .

Komentarnya : endingnya kurang begitu menarik dan banyak cerita cerita yang dipotong sehingga tidak menarik , lalu dibagian yang dishoot seharusnya bukan hanya awang yang terus disorot tetapi penonton wayang yang harus disorot .

0 komentar:

Posting Komentar