Halaman

Minggu, 23 Maret 2014

FLAPPY BIRD





Game Flappy Bird sudah dirilis sejak Mei 2013 untuk perangkat berbasis iOS dan Android.  dibuat oleh Nguyen Ha Dong, berusia 29 tahun, asal Hanoi, Vietnam. Ia meluncurkan game Flappy Bird pada Mei 2013 di bawah bendera dotGears Studio, meskipun itu bukanlah nama sebuah perusahaan, dan hanya Dong sendirilah yang berada di Gears Studio. Dalam game ini, pengguna dapat membagikan skor mereka lewat pesan singkat (SMS), pesan elektronik (e-mail), serta media sosial Facebook dan Twitter. Bagi pemain, mendapatkan skor yang tinggi bisa jadi merupakan kebanggan tersendiri karena Flappy Bird merupakan salah satu game tersulit. 

Cara memainkan Game Flappy Bird

Karakter utama game dengan nuansa grafis 8-bit ini adalah seekor burung. Cara memainkan Flappy Bird cukup dengan mengetuk jari ke layar untuk membuat si burung terbang, dan burung itu diharuskan melewati pipa-pipa berwarna hijau. Tidak ada tantangan atau cerita lain!, Pemain akan mendapat skor 1 (satu) jika berhasil melewati satu pipa. Di sinilah tantangan memainkan Flappy Bird. Membuat si burung melewati pipa adalah hal yang sangat sulit. Jika waktu Anda mengetuk layar tidak tepat, maka si burung terbang dan akhirnya menabrak pipa dan Anda harus mengulang game ini dari awal. Rasa penasaran semakin menjadi ketika melihat skor. Setelah bermain berkali-kali, dan gagal terus, ternyata skor terbaik yang Anda dapat hanya lima (5). Anda tidak akan tinggal diam melihatnya, ada dorongan kuat untuk mencoba lagi, tidak mungkin menolak tombol "OK" dan "Start.",

Walaupun Flappy bird sudah ditarik dari Google Play dan juga iTunes, namun permainan ini bisa saja masih dapat ditemukan di situs-situs yang menyediakan pengunduhan secara gratis untuk game android.

Berikut cara memainkan Flappy Bird agar mendapatkan skor yang tinggi dan terhindar dari stres.

1.      Mainkan dengan santai dan perlahan. Jangan mengetuk atau menekan layar terlalu cepat dan keras saat memainkan Flappy Bird. Temukan ritme yang tepat untuk menghindari rintangan dan biasakan diri Anda memainkannya dengan perlahan dan santai.

2.      Mainkan pada Tablet. Tidak ada alasan khusus yang membuat Anda harus memainkannya pada tablet. Mungkin ukuran layar yang lebih besar membuat pemain merasa lebih leluasa dan mudah memainkan Flappy Bird.


3.      Fokus dan jauhkan gangguan saat main game. Seperti halnya menonton film di bioskop, Anda pasti berusaha mematikan atau mengaktifkan airplane mode pada ponsel Anda. Begitu juga dengan memainkan Flappy Bird, gangguan sekecil apapun akan menjadi bencana pada Anda. Pastikan perangkat mobile Anda tidak sedang dalam proses mengunduh atau update aplikasi, sehingga setiap notifikasi yang masuk tidak mengganggu fokus Anda.

4.      Tenang dan rileks. Ketenangan sangat penting dalam memainkan Flappy Bird. Semakin tenang pikiran dan kondisi Anda maka semakin baiklah irama yang Anda buat, artinya semakin besar pula peluang Anda mendapatkan skor yang tinggi. Jika Anda telah mendapatkan skor yang cukup tinggi dan mulai merasa stres, sebaiknya hentikan sejenak memainkannya dan mulailah kembali saat Anda merasa rileks.


5.      Tekun dan Konsisten. Semakin lama dan konsisten Anda bermain, maka semakin bagus peluang Anda untuk mahir memainkan Flappy Bird dan menemukan ritme yang tepat saat memainkannya.

6.      Temukan posisi yang tepat. Bagi Anda pengguna tangan kanan, sudut kanan bawah pada layar merupakan tempat yang tepat untuk jari Anda, namun bagi Anda yang kidal Anda dapat mencari posisi yang paling nyaman pada layar untuk memainkan game ini. Pastikan Anda merasa nyaman pada posisi jari yang ditentukan dan konsistenlah disana. Banyak orang mengaku stres memainkan Flappy Bird karena kesulitannya mengontrol pergerakan si burung dan menghindari rintangan. Namun dengan menerapkan tips diatas, Anda dapat membangun ritme permainan yang bagus dan mendapatkan skor yang tinggi, dan tentu saja membuat Anda merasa lebih percaya diri diantara sesama gamer yang memainkan Flappy Bird.

mengapa ditarik dari market?

Dong Nguyen, sang pembuat game "Flappy Bird", beberapa waktu lalu membuat sebuah keputusan yang sangat mengejutkan. Di tengah sukses besar yang diraihnya, pemuda berumur 29 tahun ini memutuskan untuk menarik Flappy Bird dari peredaran. Tidak ada yang tahu alasan sebenarnya di balik keputusan tersebut. Sempat beredar kabar, Flappy Bird ditarik karena adanya keberatan dari pemilik game Super Mario Bros, Nintendo. Kabar ini ternyata tidak benar dan telah dibantah oleh pihak Nintendo. Melalui sebuah wawancara dengan Forbes, Nguyen akhirnya mengutarakan alasan Flappy Bird sampai harus ditarik dari Google Play Store dan Apple App Store.


Nguyen beralasan bahwa sebenarnya dia menciptakan game ini untuk kegiatan bersantai para pemainnya. Nguyen tidak bermaksud membuat game Flappy Bird menjadi seadiktif itu. Nah, pada saat tujuannya sudah mulai melenceng, Nguyen akhirnya memutuskan untuk menarik Flappy Bird.


"Namun, game ini (Flappy Bird) akhirnya menjadi produk adiktif. Saya rasa hal tersebut telah menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah itu, hal terbaik adalah menarik Flappy Bird. Game ini telah hilang selamanya."


Pemuda asal Vietnam itu juga menjelaskan bahwa rasa bersalah membuat banyak pengguna ketagihan game tersebut yang membuatnya mantap mengambil keputusan. Sebelumnya, Nguyen sempat menyebut popularitas yang didapatkan game ini telah merusak "hidupnya yang sederhana".

Dalam wawancara dengan Forbes ini, Nguyen juga menceritakan bahwa dia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakan game tersebut. Nguyen hanya membutuhkan dua hingga tiga hari untuk mengerjakan bagian coding-nya. Perihal miripnya visual Flappy Bird dengan seri game Super Mario Bros dari Nintendo, Nguyen menyatakan, kesamaan tersebut terjadi karena kebetulan saja. Nguyen pun menampik kabar yang mengungkapkan bahwa ia mendapat tuntutan hukum karena kesamaan itu. Setelah penarikan dan segala kontroversi di balik game Flappy Bird, Nguyen mengaku tidak kapok dalam membuat game. Ia pun akan terus mengembangkan dan membuat game baru. Nguyen sebelumnya mengaku memperoleh pendapatan yang sangat besar dari game ini. Dalam sehari, ia bisa mendapatkan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta.
Biodata pembuat flappy bird
Flappy Bird dibuat oleh Nguyen Ha Dong, berusia 29 tahun, asal Hanoi, Vietnam. Ia meluncurkan game Flappy Bird di bawah bendera .Gears Studio (dotGears Studio). Dong mengatakan, ia adalah satu-satunya orang di .Gears Studio .Gears bukan perusahaan. Ini hanya diriku seorang, tapi aku harus menggunakan istilah 'kami' untuk mempersiapkan perubahan di masa depan.
Untuk menghasilkan uang, Flappy Bird membuka lapak iklan, baik di perangkat iOS maupun Android. Iklan muncul di sisi atas layar ketika pengguna memainkan Flappy Bird. Terkadang, iklan ini cukup mengganggu karena menutupi bagian atas pipa yang harus dilewati oleh karakter burung. Unduhan Flappy Bird mulai meningkat sejak November 2013. Dong mengklaim, game gratis ini sekarang diunduh sebanyak 2 sampai 3 juta kali per hari dari perangkat Android dan iOS. Mengenai kesulitan dalam permainan Flappy Bird, Dong mengklaim bahwa tidak mustahil bagi siapa saja untuk melewati tantangan. "Dalam semua permainan saya, skor Medal Platinum adalah skor terbaik saya ketika merilis aplikasi," ungkapnya.
Dong Nguyen
Dampak kepoluleran gamenya
Bersamaan dengan popularitas game mobile Flappy Bird yang semakin meroket, nama penciptanya yaitu Dong Nguyen mendadak jadi selebritis. Kesuksesan Flappy Bird juga menghantarkan Nguyen meraup keuntungan sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 608 juta per hari dari pendapatan iklan. Namun demikian, pengembang asal Hanoi, Vietnam ini dikenal sangat tertutup dan kerap menghindari media massa. Ketika ditanya soal latar belakangnya kepada TechCrunch, pria yang lahir pada 11 Januari 1986 ini menegaskan bahwa ia tidak nyaman dengan pertanyaan itu. Bahkan Nguyen pun menolak beberapa permintaan wawancara dengan media. Tak tahan dengan terpaan media massa yang bertubi-tubi, akhirnya Nguyen memutuskan untuk menarik Flappy Bird dari platform Google Play Sore dan Apple App Store. Langkah tersebut diambil karena ia tidak sanggup lagi menahan tekanan dan stres dalam menghadapi terpaan media terhadap dirinya dan kesuksesan instan Flappy Bird. Dalam proses pembuatan Flappy Bird, ia mengaku menciptakan game ini hanya dalam waktu dua hingga tiga hari dan meluncurkannya pada Mei 2013 di bawah bendera .Gears (dotGears) Studio.

            Saking tertutupnya, di situs
resmi .Gears, Nguyen juga tidak memberi banyak informasi. Ia hanya menampilkan portofolio beberapa game HTML5 dan sedikit gambaran tentang .Gears. Selain Flappy Bird, .GEARS telah menelurkan beberapa game lainnya yang dapat diunduh di Apple App Store, Google Play Store, dan bermain secara langsung di situsnya. Di antaranya adalah Shuriken Block (iOS, browser), Super Ball Junggling (iOS), Smashing Kitty (browser), dan Droplet Shuffle (browser).


flappy bird hadir kembali?
Pengembang game Flappy Bird, Dong Nguyen, kembali mengonfirmasi bahwa game 'burung terbangnya' akan tersedia kembali di Apple App Store. Hal tersebut disampaikan Nguyen melalui akun Twitter-nya saat membalas pertanyaan dari pengguna lain, perihal rencananya menghadirkan kembali Flappy Bird.
"@dongatory apakah Anda akan memasukkan kembali Flappy Bird ke App Store?," tanya Robert melalui akun @paintfullpacman. Dengan singkat, Nguyen memastikan bahwa game tersebut memang akan tersedia kembali di App Store, namun ia tidak menyebut kapan waktunya. "@paintfullpackman Ya. Tapi tidak segera," jawab Nguyen melalui akunnya @dongatory.
Sebelumnya, Nguyen juga pernah berbicara tentang kemungkinan kembalinya game tersebut pada sebuah sesi interview dengan majalah Rolling Stone. Saat itu ia mengatakan "sedang pikir-pikir" untuk memasukkannya kembali ke toko aplikasi Apple App Store dan Google Play Store.

via Twitter Dong Nguyen, Cnet

sumber :





0 komentar:

Posting Komentar